Bangun Smelter Bauksit, Antam dan Inalum Bentuk Usaha Patungan

This item was filled under [ Info bisnis ]

Antam

Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pertambangan, yaitu PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dengan PT Inalum, bersinergi untuk membangun pabrik pengolahan (smelter) bauksit. Pembangunan smelter itu melalui pembentukan anak usaha patungan bernama PT Inalum Antam Alumina.

Direktur Utama Antam Tedy Badrujaman mengatakan, pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) ini merupakan upaya untuk meningkatkan nilai cadangan bauksit di Indonesia. “Dalam operasi usaha patungan SGAR tersebut, Antam akan memasok kebutuhan bahan baku bijih bauksit yang berasal dari tambang bauksit Antam, ” ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (14/4).

Menurut penuturan Tedy, pembangunan smelter ini akan dilakukan oleh Inalum Antam Alumina. Dalam pembangunan smelter, anak usaha ini akan menggandeng mitra dari Cina untuk membantu pendanaannya. Meski begitu, dia mengatakan, Inalum dan Antam tetap akan pemegang saham mayoritas di perusahaan patungan tersebut.

(Baca: Pemerintah Siapkan Insentif untuk Investasi Smelter)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Inalum Winardi menyatakan, pembangunan smelter ini merupakan salah satu dari …

Selengkapnya : Bangun Smelter Bauksit, Antam dan Inalum Bentuk Usaha Patungan