ATM Perbankan Terganggu, BI Bentuk Satuan Kerja

This item was filled under [ Info bisnis ]

Bank Indonesia

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan telah membentuk satuan kerja untuk merespon permasalahan yang menimpa sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan. Tim ini akan mendukung jalannya sistem pembayaran perbankan agar dapat bekerja dengan baik dalam menyalurkan uang tunai.

“Untuk kliring, supaya tidak ada hambatan, ” kata Agus saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/8). (Baca: Ribuan ATM dan 126 Kantor Kas BCA Tak Beroperasi Akibat Satelit Error)

Seperti diketahui, ribuan ATM dan kantor beberapa perbankan nasional tidak bisa beroperasi akibat kerusakan yang terjadi pada satelit Telkom 1, tanpa adanya satelit cadangan yang mendukung. Masalah utamanya usia satelit tersebut yang sudah tua, sehingga rentan terjadi kerusakan. Satelit Telkom-1 telah digunakan selama 18 tahun sejak diluncurkan 1999. Sementara batas waktu operasi 15 tahun.

Agus meminta proses pemindahan persinyalan satelit dari Telkom 1 dapat segera dilakukan dan diharapkan bisa berfungsi dengan baik. Hal …

Selengkapnya : ATM Perbankan Terganggu, BI Bentuk Satuan Kerja