ASEAN Salah Satu Tulang Punggung Ekspansi AirAsia

This item was filled under [ Info bisnis ]

Ridzeki Tresno Wibowo

Sudah satu purnama pucuk pimpinan AirAsia Indonesia berganti. Kursi presiden direktur yang semula diduduki Sunu Widyatmoko, kini dijabat Ridzeki Tresno Wibowo sejak Juni lalu. Penempatan mantan direktur operasi sekaligus pilot senior di maskapai tersebut dilakukan saat perusahaan sedang menjalani proses merger dengan perusahaan afiliasinya, yaitu AirAsia Indonesia Xtra.

Gejolak perekonomian yang melanda pasar global ikut dirasakan AirAsia. Pada kuartal ketiga tahun lalu, kerugian tidak hanya dialami bisnis maskapai ini di Malaysia, tapi juga di Filipina dan Indonesia. Secara keseluruhan, AirAsia mencatatkan kerugian US$ 96 juta sepanjang triwulan ketiga 2015.

Setelah melalui tahun lalu yang penuh tantangan, AirAsia kini memperkuat saluran distribusi offline-nya. Untuk sisa 2016, maskapai memusatkan perhatian pada fondasi yang sudah ada, dengan tetap mempertimbangkan ASEAN sebagai pasar yang sangat besar. Kepada Katadata, Selasa, 5 Juli 2016, Ridzeki mengatakan AirAsia Indonesia masih berkonsentrasi pada Asia dan Australia.

Maskapai berbiaya rendah atau low-cost carrier (LCC) diprediksi menjadi pemain utama industri penerbangan setelah …

Selengkapnya : ASEAN Salah Satu Tulang Punggung Ekspansi AirAsia