Anggaran Dipotong, BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pertumbuhan Ekonomi

Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini hingga berpotensi di bawah 5 persen. Penyebabnya, keputusan pemerintah memangkas anggaran belanja sehingga bakal mengerem laju ekonomi pada semester II-2016.

Gubernur BI Agus Martowardojo memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini berkisar 4, 9 persen hingga 5, 3 persen. Ini lebih rendah dari prediksi semula sebesar 5 persen sampai 5, 4 persen. Sedangkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016 menargetkan pertumbuhan ekonomi 5, 2 persen.

Selain kondisi ekonomi global yang belu membaik, pemangkasan anggaran belanja pemerintah menjadi pangkal soal penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi. Seperti diketahui, pemerintah memutuskan pemotongan belanja dalam APBNP 2016 sebesar Rp 133, 8 triliun. Penyebabnya, penerimaan negara dari sisi pajak diperkirakan akan berkurang sekitar Rp 219 triliun dari target (shortfall).

“Pengurangan belanja itu akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi pada kuartal III dan IV, ” kata Agus dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta, …

Selengkapnya : Anggaran Dipotong, BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi