Akuisisi PGN, Aset Pertamina Akan Bertambah Rp 100 Triliun

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pertamina

Rencana pembentukan holding atau induk usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi, bisa berdampak positif terhadap aset PT Pertamina (Persero). Dengan mengakuisisi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, aset Pertamina akan meningkat menjadi US$ 52 miliar atau sekitar Rp 684, 8 triliun.

Vice President Corporate Communication Wianda Pusponegoro mengatakan setelah mengakuisisi PGN, aset Pertamina bertambah sebesar US$ 7, 5  miliar (sekitar Rp 100 triliun) dari total aset sekarang US$ 45, 5 miliar. “Pemerintah Indonesia mendapatkan banyak revenue (pendapatan) dan akhirnya dividen yang masuk ke pemerintah jadi lebih besar, ” kata Wianda di Jakarta, Jumat (22/4). (Baca: Masuk Holding BUMN, PGN Akan Mengakuisisi Pertagas)

Pemerintah memang berencana menjadikan Pertamina sebagai holding BUMN energi dan PGN sebagai anak usahanya. Sementara anak usaha Pertamina yang bergerak di sektor gas, yakni Pertagas akan diakuisisi oleh PGN. Wianda mengaku Pertamina sudah siap menyerahkan Pertagas ke PGN. Asalkan hal tersebut dapat memberikan manfaat lebih besar bagi Pertamina dan …

Selengkapnya : Akuisisi PGN, Aset Pertamina Akan Bertambah Rp 100 Triliun